spare part

11 02 2010

Sebuah klub ataupun komunitas tak hanya buat cari teman serta memperluas jaringan. Enggak berlebih juga kalau bisa dijadikan ajang bisnis. Seperti yang dilakukan oleh anggota klub Peugeot dan Fiat di kota Solo.

Pasalnya selain pehobi mobil, mereka sekaligus ‘pemulung’ atau pengumpul suku cadang dan boleh dibeli sesama anggota yang membutuhkan.

Bahkan terkadang boleh di-barter. Nah yang begitu kan tak bisa diperoleh di toko suku cadang. Betul gak. Yuk kenalan sama mereka.

PART PEUGEOT

Koko tergabung pada Paguyuban Peugeot Solo (PPS). Tak heran kalau rumahnya di bilangan Perum PBS (Proyek Bengawan Solo) bertabur beragam komponen maupun pernik mobil Perancis ini.

Memang mayoritas barang seken, walaupun keselip juga yang baru. Tapi jangan anggap remeh koleksinya. Pelek standar alumunium tipe 504,505 GR atau GTI ditawarkan Rp 250 ribu per buah. Pelek itu asli buatan Perancis.

Spek aftermarket, buatan Belgia juga ada. “Kalau yang kaleng atau besi, mereknya Dunlop atau Michelin. Bila minat cukup ditukar lembaran Rp 100 ribu tiap buahnya. Masih layak pakai dan sanggup mengaplikasi ban tubbles,” promosi Koko.

Atau Anda butuh mesin utuh buat seri 505 GTi ‘87 dengan transmisinya 6-speed, dijual Rp 4 juta. Diklaim hidup. Diakui, tumpukan komponen bodi dan mesin itu dikumpulkan sejak 2003 silam.

Diperuntukan sebagai stok atau serep suku cadang bagi Peugeot miliknya. Tak jarang pula Koko nebus satu unit utuh Peugeot untuk hanya diambil partnya.

KAMPIUN FIAT

Cinta Fiat sejak 93 silam. Berawal dari unit Fiat 1100 tahun 1955 diberikan Ayahnya. “Bila dibilang Fiat itu rewel dan ribet suku cadangnya, buat saya malah tantangan. Makanya saya kumpulin tuh suku cadang bodi, mesin sampai kaki-kaki,” alasan Donni yang tergabung dalam Solo Fiat Club (SFC).

Sedikit beda dengan Koko, Donni ‘berpraktik’ di belakang rumahnya di kawasan Laweyan, Solo. Bisa dibayangin, tumpukan suku cadang itu mengingatkan pasar klithikan yang khas Solo.

Jadi lumrah juga kalau bisa nemu barang ajaib. Ada wheel dop Fiat 124, 1300 sampai 1100. Lalu banyak juga emblem seharga Rp 50-75 ribuan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: